HELL and his life.....

YESAYA26:9: "Jiwaku merindukan Engkau pada waktu malam, aku mencari Engkau dengan segenap hati, apabila Engkau menghakimi bumi kelak, penduduknya akan mengetahui makna keadilan"

Tuesday, June 11, 2013

Tidakkah Kejadian 1 dan 2 meceritakan kisah penciptaan yang saling bertentangan

Kejadian 1

- Hari pertama - langit dan bumi diciptakan. "Jadilah terang". Siang dan malam.
- Hari kedua - Air di atmosfir dipisahkan dari air di bumi.
- Hari ketiga - Tanah dipisahkan dari laut.  Tumbuhan diciptakan.
- Hari keempat - Matahari, bulan, bintang-bintang diciptakan.
- Hari kelima - Makhluk laut dan burung diciptakan.
- Hari keenam - Binatang darat, binatang melata, dan manusia (laki-laki dan perempuan) diciptakan. 

Kejadian 2
Mengatakan bahwa lagit dan bumi diciptakan. Belum ada tumbuhan, hujan, atau pun manusia di bumi. Tetapi, kabut naik membasahi permukaan tanah. Lalu Allah membuat manusia dari debu tanah dan meniupkan nafas hidup ke dalam hidungnya. Setelah itu, Allah menciptakan Hawa.
Tidak ada kontradiksi antara Kejadian 1 dan 2. Kejadian satu mencatat secara detail penciptaan selama 6 hari itu. Kejadian 2 membuat ringkasannya dan lebih menekankan detail penjelasan mengenai penciptaan pada hari ke-6, ketika Adam dan Hawa diciptakan. Ringkasan ini dijelaskan dalam 2:4," Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --"  Lalu Musa menceritakan secara detail mengenai penciptaan Adam dan Hawa sebagaimana yang dijelaskannya dari ayat 7 hingga 24 dalam Kejadian 2. Bukti bahwa penjelasan dalam Kejadian 2 bukanlah catatan riwayat kronologis mengenai penciptaan adalah kenyataan bahwa binatang sama sekali tidak dibicarakan hingga sesudah penciptaan Adam. Mengapa? Mungkin sekali karena tujuan dari penciptaan binatang adalah untuk Adam. Binatang-binatang tidak dibicarakan hingga penciptaan Adam selesai dibicarakan.

No comments:

Post a Comment