HELL and his life.....

YESAYA26:9: "Jiwaku merindukan Engkau pada waktu malam, aku mencari Engkau dengan segenap hati, apabila Engkau menghakimi bumi kelak, penduduknya akan mengetahui makna keadilan"

Saturday, May 11, 2013

Menjadi Berkat Bagi Orang Lain


Aku ingin tahu dunia kita akan seperti apa jika kita masing-masing berbuat baik terhadap seseorang setiap hari. Akan menjadi seperti apa kota, kantor, sekolah bahkan lingkungan sekitar rumah kita?  jika kita membuat prioritas untuk mencerahkan hari orang lain? Alkitabmengajarkan " Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepadakawan-kawan kita seiman." (Galatia 6:10). 
Itu berarti kita perlu proaktif. Kita perlu memiliki pola pikir, "Siapa yang dapat saya "berkati" hari ini?" "Untuk siapa bisa saya lakukan kebaikan?" Anda tidak bisa hanya duduk dan menunggu orang untuk datang ke Anda. Anda harus proaktif melihat siapa yang dapat "diberkati" oleh anda.

" Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman." 
(Galatia 6:10).
Alkitab mengatakan bahwa di hari-hari terakhir, kasih orang akan menjadi dingin (lihat 2 Timotius 3:1-8). Itu berarti bahwa orang akan sangat sibuk, mereka akan begitu terfokus pada kebutuhan mereka sendiri, mereka akan begitu terjebak di jalur mereka untuk sukses bahwa mereka tidak akan mengambil waktu untuk membuat perbedaan.

Kadang-kadang mudah bagi kita untuk terjebak dalam dunia kita sendiri bahwa kita hanya terfokus pada diri kita sendiri. "Aku punya rencana lain Jangan dari jadwal saya.." "Aku ingin membantu Anda dengan beberapa pekerjaan di sekitar rumah Anda, tapi aku menyesal, ini adalah musim sepak bola saya tidak punya waktu.." dan masih banyak alasan lainnyaTapi kita tidak diciptakan untuk hidup egois. Kita diciptakan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain. John Bunyan, penulis Pilgrim Kemajuan klasik mengatakan, "Anda belum hidup hari ini sampai Anda telah melakukan sesuatu untuk seseorang yang ia tidak dapat membayar kembali." Membantu mengingatkan kita untuk sadar bahwa kita tidak diciptakan untuk hidup egois.

Teman, semua di sekitar kita adalah orang yang membutuhkan kasih dandukungan kita. Jangan lewatkan kesempatan untuk berbuat baik saat itu. Jangan terlalu sibuk, atau tidak peka terhadap kebutuhan orang di sekitar Anda. Jadilah bersedia menjadi penolong bagi sesama. Jadilah sensitif dan memperhatikan orang di sekitar Anda, teman Anda, rekan kerja Anda dan keluarga Anda. Dengarkan apa yang mereka katakan. Kita seharusnya tidak kehilangan kesempatan untuk berbuat baik kapanpun situasi datang di jalan kita untuk memberkati orang.

Yesus berkata. "Bila Anda melakukannya untuk paling tidak salah satu dari orang yang hina ini, itu seperti Anda melakukannya kepada-Ku," (lihat Matius 25:40). Amsal 19:17 mengatakan, " Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu." Ketika Anda memberi kepada mereka yang membutuhkan, sama seperti Anda memberi pinjaman kepada Allah. Dan Tuhan tahu bagaimana untuk membayar kembali-dengan bunga! Anda mungkin tidak dapat memberikan uang, tetapi Anda dapat memberikannya dalam bentuk lain.

Saya mendengar sebuah cerita tentang seorang anak muda yang tinggal di kota. Dia sekitar delapan tahun dan sangat miskin. Satu hari yang dingin, ia melihat di jendela sebuah toko lokal mengagumi sepasang sepatu tenis. Saat ia berdiri di sana, dingin dan bertelanjang kaki, 

seorang wanita datang dan bertanya, "Anak muda, apa yang Anda lakukan menatap begitu tajam di jendela ini?" Malu-malu ia berkata, "Yah, aku hanya semacam berdoa dan meminta Allah jika Dia memberi saya sepasang sepatu baru." Tanpa ragu, wanita itu membawanya ke toko dan sangat lembut dan penuhkasih mencuci kaki dingin nya yang kotor. Dia menaruh sepasang kaus kaki  baru di kakinya. Lalu ia mengatakan kepadanya untuk memilih tiga pasang sepatu tenis.  Anak itu tidak bisa percaya. Dia begitu bersemangat! Dia tidak pernahmemiliki sepasang sepatu baru. Dia selalu hanya memakai sepatu tua. Setelah dia telah membayar untuk pembelian, wanita itu menyerahkan sepatu untuk anak itu.
Anak kecil itu menatapnya dengan takjub. Seserius bisa, dengan air mata mengalir di pipinya, ia berkata, "Ibu bisa saya mengajukan pertanyaan? Apakah anda istri Tuhan?"

Teman, anda menjadi anak Allah ketika Anda mengambil waktu untuk orang-orang, ketika Anda melakukan sesuatu untuk memberkati orang lain. Dan bukan hanya dalam hal-hal besar. Belajar untuk menjadi baik untuk orang-orang dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ketika lalu lintas punggung di jalan bebas hambatan, biarkan mobil itu ke jalan di depan Anda. Di toko kelontong, ketika Anda memiliki banyak makanan dan seseorang di belakang Anda memiliki hanya beberapa, biarkan mereka pergi di depan Anda. Atau bagaimana di tempat parkir, ketika Anda akan memarkir di tempat parkir barisan depan lalu di waktu yang sama ada mobil lain? Mengapa tidak Anda kembali dan membiarkan mereka memiliki tempat itu?

Apakah Anda ingin cara lain yang sederhana dari seseorang yang memberkati? Bila Anda di sebuah restoran, menjadi tipper yang baik. Jangan biarkan pelayan membawa uang kembalian ketika Anda hanya menghabiskan 125 ribu (misalnya) dan anda membayar 150 ribu untuk makan.

Kasih adalah terlihat dalam tindakan kita. Dunia ini tidak perlu mendengar khotbah yang lain sebanyak yang dibutuhkan untuk melihat kita menjadi baik kepada orang-orang. Sekali lagi, kasih adalah terlihat dalam tindakan kita

Belajar untuk memberikan waktu Anda, uang Anda, atau sebuah kata yangmenggembirakan. Ketika Anda menunjukkan kasih, Anda menunjukkan Allahkepada dunia. Dan jangan khawatir jika Anda tidak mendapatkan kredit apapun. Ketika Anda membiarkan seseorang di lalu lintas di depan Anda, Anda mungkin tidak pernah melihat orang itu lagi. Ketika Anda memberi seseorang uang karena Anda memiliki belas kasihan di dalam hati Anda, Anda mungkin tidak pernah mendengar kabar dari mereka, tapi izinkan saya meyakinkan Anda, Tuhan menjaga catatanNya. Dia melihat setiap kali Anda sudah baik untuk seseorang. Dia mendengar setiap kata-kata dorongan yang telah anda ucapkan. Allah telah melihat setiap kali Anda membantu orang tetapi mereka bahkan tidak pernah mengucapkan terima kasih. 

Alkitab mengatakan ketika Anda melakukan hal-hal rahasia, ketika Anda melakukan hal-hal tanpa mendapatkan kredit apapun, ketika tidak ada terima kasih bagi Anda, Allah melihatnya, dan Anda bahkan akan menerima pahala yang lebih besar. Ini satu hal untuk membuat percikan besar dan biarkan semua orang tahu bagaimana bermurah hati, tetapi jika Anda benar-benar ingin diberkati, mulailah melakukan sesuatu yang baik bagi seseorang dan tidak memberitahu siapa pun tentang hal itu. Tinggalkan uang tunai dalam amplop tak bertanda dimeja rekan kerja yang sedang membutuhkan. Di restoran, membeli makan malam seseorang dan tetap anonim. Bersihkan dapur di kantor dan tidak memberitahu siapa pun bahwa Anda melakukannya. Ketika Anda melakukan hal-hal rahasia dan Anda tidak mendapatkan kredit apapun, Anda menabur benih bagi Allah untuk melakukan hal-hal besar dalam hidup Anda. Dengarkan apa yang dikatakan orang di sekitar Anda. Dan mencari kesempatan untuk memberkati mereka.

Mengapa tidak Anda membuat keputusan hari ini bahwa Anda akan mulaimenjadi "berkat" bagi orang lain? Dan ingat, Kasih sejati selalu didukung dengan tindakan kita. Orang-orang yang melihat kita, dan salah satu kesaksian terbaik yang kita bisa hanya dengan menjadi baik kepada orang-orang. Jika Anda bangunsetiap hari dan berfokus pada bagaimana Anda dapat menjadi berkat dan tidak hanya pada bagaimana Anda bisa mendapatkan berkat, Tuhan akan memenuhi kebutuhan Anda sendiri ketika Anda memenuhi kebutuhan orang lain. Allah akan memenuhi semua kebutuhan Anda dalam kelimpahan!

Alkitab mengatakan orang akan tahu Kristen sejati oleh buah mereka (lihat Matius 7:15-23). Mereka tidak akan tahu kita dengan berapa banyak ayat Alkitab yang kita kutip. Mereka tidak akan tahu kita dengan berapa banyak stiker Kristen kita miliki di mobil kita. Orang-orang akan benar-benar tahu bahwa kita orang percaya ketika kita membantu orang lain, memenuhi kebutuhan, melakukan perbuatan baik, ketika kita adalah pembawa "berkat" dengan kata-kata dan tindakan kita.

No comments:

Post a Comment