HELL and his life.....

YESAYA26:9: "Jiwaku merindukan Engkau pada waktu malam, aku mencari Engkau dengan segenap hati, apabila Engkau menghakimi bumi kelak, penduduknya akan mengetahui makna keadilan"

Tuesday, April 3, 2012

Apakah seseorang menggantikan Yesus diatas Kayu Salib??

Ada Teori yang menyatakan bahwa yang dipaku diatas kayu salib bukanlah Yesus Kristus melainkan orang lain yang menggantikan Dia.
Ada beberapa versi mengenai hal ini. Dan yg paling sering diceritakan adalah Yudas Iskariot-lah yang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib. Dan ada yang menceritakan bahwa Yudas Iskariot telah diserupakan dengan Yesus sehingga prajurit2 Romawi yg ingin menangkap Yesus tidak dapat lagi membedakan / mengenali antara Yesus dan Yudas Iskariot.
Dan ada pula versi yang menceritakan bahwa Simon dari Kirene-lah yang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib.
Namun benarkah teori2/cerita2 diatas??

Mari kita sama-sama melihat ayat-ayat nubuatan mengenai “Mesias”, sbb:

Maz 22:2
Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.

Maz 22:8-9
8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya:
9 "Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?"

Maz 22:16-17
16 kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan aku.
17 Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.

Maz 22:19
Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Maz 22:28
Segala ujung bumi akan mengingatnya dan berbalik kepada TUHAN; dan segala kaum dari bangsa-bangsa akan sujud menyembah di hadapan-Nya.

Mzm 69:22 Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.

Maz 34:21
Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.

Maz 109:25
Aku telah menjadi cela bagi mereka; melihat aku, mereka menggelengkan kepalanya.

Maz 31:6
Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN,Allah yang setia.

Yes 53:2-12
2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak

Zak 12:10
"Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak
tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Jadi jika anda mempercayai bahwa seseorang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib , maka konsekuensinya adalah sbb:
    1.anda mengimani bahwa “orang” yang menggantikan Yesus , adalah “ Sang Mesias”. Sebagai contoh : jika anda mempercayai bahwa Yudas Iskariotlah yang menggantikan Yesus sewaktu dipaku diatas kayu salib, hal ini sama juga anda mengimani bahwa Yudas Iskariot adalah “Sang Mesias”. Namun benarkah demikian?? Mungkinkah seorang pengkhianat seperti Yudas Iskariot adalah “Sang Mesias”?? jawabannya jelas tidak mungkin.
    2.dan jika anda mempercayai bahwa seseorang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib, maka orang tsb jelas bukanlah “Sang Mesias”, karena orang tsb pasti tidak dapat menggenapi seluruh nubuatan2 mengenai “Mesias”(baca artikel diatas mengenai nubuatan2 mesias), sbg contoh saja: “Mesias” harus lahir di Betlehem, keturunan Daud, dll. Jelas Yudas Iskariot maupun Simon dari Kirene tidak dapat menggenapi nubuatan “Mesias” tsb. Oleh Karena itu tidak mungkin mereka adalah “Sang Mesias”.
    3.jadi Yudas Iskariot (atau siapapun yg dianggap telah menggantikan Yesus) diatas kayu salib bukanlah “Sang Mesias”. Jika orang tsb bukanlah “Sang Mesias” maka pertanyaan selanjutnya adalah untuk apa Nabi2 di PL menubuatkan tentang mereka jika “mereka” bukanlah mesias yang sesungguhnya. Sbg contoh : Maz 22:2, Maz 34:21, Mzm 69:22,Yes 53, Maz 31:6,dll. Ayat2 tsb adalah nubuatan2 dari nabi2 di PL tentang mesias. Dan jika anda mempercayai bahwa bukan Yesus yang menggenapi nubuatan2 tsb melainkan org lain yg “bukan mesias” yg menggenapi nubuatan tsb.

Dengan demikian anda mempercayai bahwa nabi2 di PL adalah nabi2 palsu karena salah bernubuat tentang “Mesias”. Karena nubuatannya tentang mesias tidak tergenapi oleh “Sang Mesias” melainkan digenapi oleh orang lain yg bukanlah “mesias”.

Dan seperti pertanyaan saya diatas, jika mereka bukanlah mesias yang sesungguhnya, maka untuk apa nabi2 di PL menubuatkan tentang “orang” tsb sampai ke detail2 tentang penyalibannya??
“Orang” spt ini hanya mungkin dinubuatkan oleh nabi2 jika orang tsb dikaitkan dengan “Mesias”, namun focus dari nubuatan tsb sebenarnya adalah tetap tentang mesias. Jika “orang” tsb tidak dikaitkan / dihubungkan dengan “mesias” maka apakah artinya menubuatkan orang tsb sampai ke detailnya2nya spt perkataan2nya diatas kayu salib??

Sebagai contoh: jika Yudas Iskariot yang dipakukan diatas kayu salib, maka pertanyaan saya adalah untuk apakah nabi2 di PL menubuatkan perkataan2 Yudas Iskariot diatas kayu salib?? Jika Yudas Iskariot bukanlah “Sang Mesias” melainkan sang pengkhianat , apakah artinya nubuatan2 tsb?? Atau dengan kata lain nubuatan2 tsb menjadi tidak ada artinya.
Namun menjadi beda halnya , jika Sang Mesias yang sesungguhnya yg menggenapi nubuatan2 tsb yaitu Yesus Kristus. Dan sesungguhnya memang Yesus Kristuslah yang menggenapi seluruh nubuatan2 tsb dan bukan orang lain. Maka setiap nubuatan2 dari nabi2 di PL tsb memiliki arti yang penting sekali dan sangat bermakna.

Kemudian jika anda mempercayai bahwa seseorang(sbg contoh : Yudas Iskariot) telah menggantikan Yesus untuk dipakukan diatas kayu salib. Maka pertanyaan saya selanjutnya adalah mungkinkah seorang pengkhianat spt Yudas Iskariot dapat mengatakan “ 7 perkataan salib” ??

Sbg contoh:
Mungkinkah seorang pengkhianat spt Yudas Iskariot mengatakan sbb:

"Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Saya yakin jika si pengkhianat Yudas Iskariot atau orang lain yang disalibkan maka bukan perkataan diatas yg diucapkan melainkan caci maki yang keluar dari mulutnya. Oleh karena itu hanya Yesus yaitu Sang Mesias yang sesungguhnya yg dapat mengatakan hal tsb dan menggenapi nubuatan2 dari nabi2 di PL tsb.

Contoh lainnya:
Jika Yudas Iskariot yg disalibkan, maka apakah artinya jika Ia mengucapkan sbb:

“Sudah selesai."

Apakah yang sudah diselasaikan oleh Yudas Iskariot??

Namun beda halnya dengan Yesus Kristus yaitu Sang Mesias yang sesungguhnya. Ia memahami bahwa “Ia datang memang untuk hal ini” yaitu menjadi “domba paskah” untuk menebus dosa umat pilihan-Nya.

maka seperti yang Yesus ajarkan sbb:

Mat 7:16-18
16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik

Yudas Iskhariot tidak pernah bertobat sejak semula, maka ia adalah pohon yg tidak baik sehingga tidak bisa menghasilkan buah yang baik. Yudas Iskariot adalah seorang pengkhianat, dan tidak mungkin mengucapkan “7 perkataan salib”

Kemudian jika Allah menyerupakan Yudas Iskariot (atau siapapun) untuk menggantikan Yesus diatas kayu salib maka hal ini berarti Allah sudah melakukan suatu penipuan.

Apakah anda mengimani dan mempercayai bahwa Allah Yang Maha Suci dan Maha Kudus akan melakukan tipu daya (dgn cara menyerupakan seseorang menjadi seperti Yesus) ?

Allah adalah Maha Kudus dan Suci dan Allah tidak mempunyai sifat menipu.
bagi saya tidak perduli siapa yang diserupakan, apakah orang yang berkhianat atau bukan, karena bukan itu intinya tetapi intinya adalah Allah telah menjadi penipu.

Dan dibawah ini adalah bukti-bukti bahwa Yesuslah yang disalibkan dan bukan orang lain.

Luk 24:39
Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."

perhatikan ayat diatas, kenapa Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk melihat tangan dan kaki-Nya bukan bahunya atau yg lainnya? Hal ini bukan hanya Karena Yesus ingin menyatakan bahwa hantu itu tidak berdaging dan bertulang namun lebih daripada itu yaitu pernyataan ini adalah pembuktian bahwa yang dilihat mereka adalah Yesus yang pernah dipaku diatas kayu salib (tangan dan kaki Yesus terdapat bekas dipaku karena pernah disalib).

Disini terdapat 2 pembuktian, yaitu:
    1. Dengan perkataan Yesus ini menunjukkan bahwa bekas paku pada tangan dan kaki-Nya adalah tanda bahwa Ia yang disalib, bukan orang lain.(seseorang yg diserupakan dgn Yesus)
    2. Karena para murid tahu bahwa memang Yesus pernah disalib, maka dgn pernyataan Yesus ini, mereka bisa membuktikan bahwa yang datang(muncul di depan mereka) Adalah Yesus dan bukan orang lain

kemudian murid Yesus yang bernama Thomas pun membuktikannya secara langsung.

Yohanes 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."
Yohanes 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Ayat diatas juga adalah pembuktian bahwa yang disalib adalah Yesus Kristus dan bukan orang lain. Yesus menyuruh tomas untuk membuktikan bahwa Ia adalah Yesus yang telah disalibkan, dengan cara melihat tangan-Nya(bekas dipaku) serta mencucukkan ke dalam lambung-Nya(bekas ditikam tombak).

Jadi dari perkataan2 yg diucapkan oleh Yesus sendiri ini sudah cukup membuktikan bahwa Yesus-lah yang disalibkan dan bukan orang lain yang diserupakan.


Dan jika anda mempercayai bahwa seseorang telah diserupakan untuk menggantikan Yesus diatas kayu salib.
apakah menurut anda Allah sudah tidak berdaya lagi sehingga Ia harus menipu untuk menolong Yesus??
mari kita baca perkataan Yesus dibawah ini:

Matius 26:53 Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?

jika Yesus hendak menghindar dari penyaliban-Nya, maka Ia dapat berseru kepada BAPA untuk mengutus 12 pasukan malaikat, maka selesai-kan. namun bukan itu yang Yesus lakukan karena Ia tahu tujuan Ia datang ke dunia untuk menggenapi segala sesuatu yang telah dinubuatkan tentang Dia. Dan Yesus pun mengatakan sbb:


Yoh 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini


Ayat2 diatas dengan jelas dinyatakan oleh Yesus sendiri bahwa Ia tidak menghindari penyaliban, sebaliknya Ia mengetahui misi-Nya datang ke dalam dunia adalah untuk menebus dosa umat pilihan-Nya dengan cara disalibkan.

AMEN...
Tuhan memberkati


No comments:

Post a Comment