HELL and his life.....

YESAYA26:9: "Jiwaku merindukan Engkau pada waktu malam, aku mencari Engkau dengan segenap hati, apabila Engkau menghakimi bumi kelak, penduduknya akan mengetahui makna keadilan"

Friday, April 6, 2012

Puasa

Pentingkah Puasa Itu?

"Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa" (Mat. 17:21).
Ada saatnya Anda menghadapi situasi yang tidak akan berubah kalau Anda tidak menghadapinya dengan berdoa dan sekaligus berpuasa. Puasa terjadi sewaktu Anda tidak makan untuk kurun waktu tertentu dan menghabiskan waktu Anda bersama Tuhan dalam doa.

Telah terjadi banyak kemenangan yang gilang-gemilang melalui puasa dan doa ini. Di seluruh Alkitab, Anda dapat melihat orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan yang luar biasa ini.

• Musa: Ia berpuasa selama empat puluh hari dua kali. (Catatan: Sangat penting bagi Anda untuk mengikuti tata cara puasa yang akan disajikan secara ringkas dalam bab ini. Jangan sekali-kali berpuasa lebih dari tujuh hari tanpa pengawasan.) 
• Daud: Raja Daud bersaksi, "Lututku melentuk oleh sebab berpuasa..." (Mzm. 109:24). 
• Yohanes Pembaptis: Orang-orang agamawi menyebutnya kerasukan setan karena ia tidak makan dan tidak minum. 
• Yesus: Anak Allah berpuasa selama empat puluh hari untuk mengawali pelayanan-Nya. 
• Paulus: Rasul besar bagi jemaat ini menyatakan, "kerapkali aku berpuasa" (II Kor. 11:27). 
• Setiap manusia Allah yang luar biasa dan setiap pergerakan Allah yang luar biasa selalu terlahir dalam sayap doa dan puasa."3 

Kalau Yesus Kristus dan pahlawan-pahlawan rohani dalam Alkitab perlu berpuasa, tentunya kita juga harus mempraktikkannya dalam kehidupan kita kalau kita ingin mengubah sesuatu di dunia ini.


Perut sebagai Tuhan?


"... banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus. Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka..." (Fil. 3:18-19).
Salah satu keinginan terbesar dalam hidup ini adalh keinginan untuk makan. Sungguh menarik kalau kita duduk dan menghitung-hitung berapa banyak waktu yang kita gunakan setiap hari untuk berpikir tentang makanan, bepergian ke restoran dan toko, serta waktu untuk menikmati makanan itu sendiri. Jangan salah tanggap; saya suka makan, namun hendaknya tidak ada satu hal pun yang menguasai kehidupan Anda selain Yesus.

Dengan demikian, puasa menghentikan keinginan jasmani yang begitu kuat akan makanan dan membiarkan suara Roh menjadi lebih keras daripada suara daging (Gal. 5:16-17).


Manfaat-manfaat Puasa


Firman Allah menjanjikan banyak berkat yang tersedia melalui waktu-waktu doa dan puasa kita. Berikut ini beberapa manfaat utama puasa.


1. Kuasa Rohani

Seperti disebutkan tadi, Yesus mengawali pelayanan-Nya dengan berpuasa empat puluh hari di padang gurun. Lukas 4:1-2 mengatakan, Ia memulai puasa-Nya "penuh dengan Roh Kudus". Nah, perhatikanlah, setelah Ia berpuasa, dikatakan, "Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea" (Luk. 4:14). Puasa meningkatkan kuasa rohani dalam kehidupan Anda untuk melakukan perbuatan-perbuatan besar yang dikehendaki Allah untuk Anda lakukan bagi Kerajaan-Nya.


2. Pengarahan dalam Hidup

Ketika Anda berpuasa, Allah akan menyatakan hal-hal yang berkenaan dengan masa depan dan memberi Anda jawaban untuk mengambil keputusan-keputusan penting.

Perhatikanlah dalam kehidupan Paulus bagaimana puasa memainkan peranan yang penting dalam dia menerima pengarahan dari Tuhan. "Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: 'Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka'" (Kis. 13:2). Sewaktu mereka berpuasa, Roh Kudus menyampaikan arah yang jelas bagi kehidupan Paulus. Anda harus membiasakan diri untuk berpuasa dan berdoa sebelum mengambil keputusan yang penting.


3. Pertumbuhan Gereja yang Dinamis

Dr. Paul Cho memiliki gereja yang beranggota 500.000 jiwa di Seoul, Korea. Gerejanya bertumbuh rata-rata 10.000 anggota baru tiap bulan. Ia menghubungkan keberhasilannya dengan puasa dan doa. Gerejanya membeli sebuah bukit di Korea dan membangun gua-gua kecil di sana, sehingga anggota jemaatnya dapat berdoa dan berpuasa. Kalau Anda berpuasa dan berdoa, Anda akan melihatkeselamatan terjadi di kampus Anda.


4. Kelepasan dari Belenggu Rohani

"Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya Engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk" (Yes. 58:6).

Puasa melepaskan cengkeraman Iblis atas kehidupan Anda dan atas kehidupan orang-orang yang Anda doakan pada saat berpuasa. Kebiasaan dosa yang terus mengganggu kehidupan Anda dapat dilenyapkan melalui puasa dan doa. Benteng-benteng di kota Anda yang merintangi pekerjaan Allah juga dapat diruntuhkan. Allah berjanji, puasa Anda akan mematahkan setiap kuk dan memerdekakan orang-orang yang teraniaya!

Inilah yang diajarkan Yesus dalam Matius 17:14-21 ketika Ia menyembuhkan anak yang kerasukan setan. Murid-murid yang gagal menolong anak muda itu bertanya kepada Yesus, mengapa mereka tidak berhasil. Yesus menjawab, "Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa" (ayat 21). Ketika Yesus mendatangi anak itu, Ia tidak pulang ke rumah dan mulai berpuasa. Ia telah berpuasa dan telah siap untuk mengatasi masalah itu dan meraih kemenangan.


5. Menolong Orang Murtad Kembali Bertobat

"'Tetapi sekarang juga,' demikianlah firman Tuhan, 'berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh'" (Yl. 2:12).

Melalui puasa, Anda dapat melihat hati yang beku terhadap Allah mencair dan hasratnya kembali tersulut merindukan hal-hal Kerajaan Allah.


6. Mencurahkan Kemurahan

Bacalah Yoel 2:15-19. Allah berjanji untuk menghapuskan cela dari umat-Nya bila kita "mengadakan puasa yang kudus." Ia mengatakan, kita tidak akan menjadi sindiran di antara bangsa-bangsa. Salah satu senjata terbesar Iblis adalah menyebarluaskan dusta dan konsep yang keliru tentang pekerjaan Allah di kampus. Melalui puasa, Allah berjanji untuk menghapuskan semua cela dan memberikan kemurahan yang diperlukan untuk menjalankan pelayanan yang berhasil.


7. Memperbarui Kesehatan Jasmani

Manfaat ini juga penting. Begitu banyak orang yang makan melebihi kebutuhan tubuh mereka. Akibatnya yang jelas adalah kegemukan dengan akibat jangka panjang seperti penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang mengerikan. Berpuasa secara teratur akan memurnikan aliran darah kita dan membersihkan tubuh, sehingga dapat berfungsi tanpa terkena penyakit.

Kalau Anda berpuasa, Anda akan mendapatkan kekuatan dan semangat yang baru. Pikiran Anda menjadi jernih, dan Anda mendapati diri Anda bangun bagi dan siap untuk menjalani kehidupan ini sepenuh-penuhnya.


Bagaimana Anda Berpuasa?

Anda perlu memahami prinsip-prinsip puasa, agar dapat merealisasikan manfaatnya dalam kehidupan Anda. Kita akan membahas dua aspek puasa: aturan rohani dan aturan jasmani.


Aturan Rohani


1. Tentukan tujuan Anda berpuasa!

Hal ini sangat penting karena Anda tentu mau puasa Anda mencapai suatu tujuan. Puasa dapat dilakukan secara pribadi atau bersama-sama. Dalam Alkitab, ada saatnya puasa itu diumumkan dan setiap orang terlibat. Tim pelayanan Anda dapat berpuasa bersama untuk melihat kebangunan rohani melanda kampus.

Secara pribadi, Anda dapat berpuasa untuk melihat terjadinya suatu terobosan dalam kehidupan rohani Anda. Apapun alasan Anda berpuasa, puasa akan membangkitkan kekuatan Anda sewaktu Anda menyatakan tujuan puasa itu.


2. Berpuasa secara tersembunyi

"Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat yang tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu" (Mat. 6:17-18).

Meskipun ada saat-saat tertentu, seperti dalam puasa bersama, orang lain akan mengetahui kalau Anda sedang berpuasa, Anda harus membiasakan puasa itu sebagai perkara antara Anda dan Allah saja. Ingatlah, Allah melihat hati Anda dan mengerti motivasi Anda yang sesungguhnya. Kalau ada orang yang mengetahui Anda sedang berpuasa, hal itu tidak akan membatalkan pengaruh positif puasa. Namun kalau Anda bermotivasi untuk memperlihatkannya pada orang lain, sehingga mereka memandang Anda benar-benar "rohani", hal itu dapat meniadakan berkat-berkat puasa.


3. Lepaskanlah iman Anda. 

Anda harus percaya, bahwa tujuan yang Anda tetapkan dengan berpuasa pasti akan terjadi. Allah berjanji dalam Matius 6:18, bahwa Ia akan membalasnya kepada Anda.


4. Luangkan waktu untuk membaca Firman Tuhan sebagai ganti makan. 

"... Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah" (Mat. 4:4).

Roh Anda akan dibangun bila Anda memakan firman Allah. Banyak orang memuasakan manusia batiniah mereka dan hanya memberinya makan seminggu sekali. Kita perlu memuasakan manusia lahiriah kita dan membiarkan manusia batiniah kita berpesta!


Aturan Jasmani


1. Bacalah buku. 

Sangat mudah untuk mendapatkan informasi mengenai puasa. Ada banyak buku/ literature ttg hal tsb.


2. Bijaklah, dan mulailah pelan-pelan. 

Jangan mencoba-coba berpuasa seminggu kalau Anda belum pernah berpuasa. Anda dapat memulainya dengan berpuasa satu kali makan. Mungkin Anda ingin memulai dengan puasa dua puluh empat jam. Secara umum, jangan berpuasa lebih dari tujuh hari tanpa pengawasan. Artinya, Anda harus berkonsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang ini, untuk mendapatkan nasihat dari mereka. Kalau kebetulan Anda tengah dalam pengobatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum berpuasa.


3. Siapkanlah tubuh Anda. 

Biasanya, kalau berpuasa, Anda mungkin mengalami pening atau perasaan tidak enak lainnya. Kebanyakan hal ini terjadi karena tubuh Anda melepaskan zat-zat sisa yang beracun yang telah tersimpan dalam tubuh.

Kalau Anda sering minum kopi atau teh (atau minuman ringan berkafein), Anda mungkin akan mengalami pening yang tidak mengenakkan. Anda dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk berpuasa dengan mengurangi kafein dan gula dari diet Anda setidaknya dua hari sebelumnya. Memakan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran juga akan membantu mempersiapkan pembersihan sistem tubuh Anda sewaktu Anda berpuasa. Jangan makan besar tepat sebelum Anda berpuasa. Akan terasa sulit jadinya. Saya senang makan buah-buahan dan syur-sayuran sehari sebelum berpuasa dan menikmati makanan terakhir yang "ringan-ringan".


4. Minum air. 

Air adalah bahan yang vital untuk kesehatan Anda. Anda perlu minum air sebanyak-banyaknya, entah Anda berpuasa atau tidak. Air murni akan membantu membersihkan sistem tubuh Anda dan menjaganya tetap segar. Ketika Anda berpuasa, saya menyarankan Anda untuk minum air suling (air murni) sebanyak mungkin.


5. Jangan terbawa perasaan. 

Jangan dipimpin oleh perihnya rasa lapar. Anda tidak akan mati kelaparan kalau berpuasa satu hari. Sering saya mendengar orang mengatakan, bahwa mereka berpuasa, namun sellau "merasa dipimpin" untuk berbuka secepatnya. Tentu saja, tubuh Anda akan mendorong Anda untuk makan. Sebenarnya, tubuh Anda tersiksa karena Anda berhenti mendengarnya dan mulai mendengarkan roh Anda. Kalau Anda merasa ingin makan selama berpuasa, mulai saja mengakui hal-hal besar yang akan terjadi melalui puasa itu dan jangan biarkan Iblis atau daging Anda merampasi berkat-berkat Anda.


6. Berbukalah secara benar. 

Setelah berpuasa, ada kecenderungan untuk merasa, bahwa Anda perlu mengganti jatah makanan yang dilewatkan selama berpuasa. Kalau Anda berbuka, lakukanlah secara pelan-pelan. Sangat bagus kalau Anda memulainya dengan menikmati salad atau mungkin sup. Jangan berlebih-lebihan, atau Anda malahakan merusakkan manfaat positif puasa bagi tubuh jasmani Anda.


7. Berpuasalah secara teratur. 

Menurut pengalaman saya, semakin sering Anda berpuasa, semakin mudah jadinya. Anda mungkin ingin berpuasa sekali seminggu. Menetapkan hari akan memudahkan Anda merencanakan hal-hal yang akan Anda lakukan di sekitar waktu doa dan puasa. Entah seberapa sering Anda berpuasa, Anda akan melihat dunia di sekitar Anda akan berubah sewaktu Anda menetapkan puasa sebagai bagian dari kehidupan Anda.

No comments:

Post a Comment